Home » » Langkah-langkah Menginstall Windows 7

Langkah-langkah Menginstall Windows 7

Written By illy arief on Rabu, 26 Januari 2011 | 17.16

Langkah – Langkah Menginstal Operating System Windows 7
  1. Siapkan CD/DVD drive Operating System Windows 7, dan siapkan DVD drive ke Motherboard.  
  2. Nyalakan komputer dan jika pelu untuk mengganti posisi drive yang anda gunakan maka buka menu BIOS anda. Dengan mengubah, startup CD/DVD drive pada posisi pertama.
  3. Kemudian jika belum memformat dan mempatisi atau belum mengaktifakn Harddisk anda maka masukkan CD Hiren’s untuk memulai mempartisi dan memformat serta mengaktifkannya. Dibawah ini adalah cara untuk mengaktifkan Harddisk yang akan dipakai. Klik pada partisi yang akan diaktifkan kemudian kli kanan pilih Modify lalu Set Active. Kemudian Apply semuanya,lalu keluar dan Reboot pada Command. Kelurkan CD Hiren’s.
            4. Kemudian  untuk memulai menginstal, masukkan CD/DVD Windows 7 kedalam drivenya. Lalu tekan enter, maka tampilan yang akan terlihat yaitu :
    
      5. Kemudian tampilan berikutnya adalah menunjukkan bahwa windows sedang loading untuk mulai menginstal.
     
     6. Lalu akan ada tampilan install windows 7 dan kotak dialognya berisi seperti dibawah ini. Untuk bahasa pilih English atau sesuai keinginan dan untuk Time and Currency format pilih English(US),serta Keyboard or input method pilih US. Kemudian Next.
      
       7. Lalu akan muncul tampilan untuk memulai menginstal. Klik icon Install Now.
    
        8. Windows akan segera memulai install
     
      9. Kemudian muncul kotak dialog tentang Licence. Pilih I accept lalu Next.
      
      10. Lalu muncul kotak dialog “Which type of installation do you want?”. Didalam kotak dialog ini terdapat 2 pilihan yaitu Upgrade untuk mengubah sistem windows 7 dari Windows Premium ke Windows Ultimate, sedangkan Custom (Advanced) untuk menambahkan OS pada PC jika suatu PC belum mempunyai OS. Karena komputer ini belummempunyai OS maka pilih Custom.
      
      11. Kemudian akan tampil kotak dialog “Where Do You want to Install?”. Kotak dialog ini akan menampilkan dimana kita akan menyimpan OS Win7. Didalam skenarionya pilih Partition 1:System(Disk C). Lalu Next.
     
       12. Kemudian muncul kotak dialog bahwa Windows 7 sedang di install. Proses ini berjalan dalam waktu yang cukup lama.




      
       13. Setelah Proses Install mengcopy telah selesai, maka muncul kotak dialog “Windows needs to restart to continue”. Klik restart now dan tunggu beberapa detik.




      
       14. Setelah proses restart setup selesai maka muncul kotak dialog “Setup Windows”. Terdapat 2 data yang harus diisi yaitu masukkan username komputer yang digunakan isi dengan Kelompok 5 dan tipe komputer yang yang akan digunakan diisi dengan PC. Lalu Next.
      
  15.   Kemudian muncul kotak dialog “Type yor Windows protect Key”. Masukkan code untuk menginstall protect key. Lalu Next.
  
  16. Kemudian muncul kotak dialog “Help protect your computer and Improve Windows automatically”. Dialog ini terdapat 3 pilihan, yaitu Use recommended settings adalah file sistem yang digunakan adalah dari Win7 tersebut. Sedangkan Install imported updates only adalah untuk menginstall file system secara online. Sedangkan Ask me later adalah melewati proses ini atau akan menanyakan lagi.
 
17. Kemudian muncul kotak dialog “Review your time and date settings”. Kotak ini untuk mensetting waktu komputer yang dgunakan. Untuk komputer ini pilih (UTC+07.00) Bangkok, Hanoi, Jakarta. Lalu Next.
  
  18. Kemudian akan diproses dan windows 7 telah selesai di install. Keluarkan CD/DVD install Win7 dari drive.






Share this article :

0 komentar :

Poskan Komentar

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. PEMROGRAMAN 2 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger